Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Katekese melalui Media Teknologi Informasi
#1
Hallo, Salam Dalam Kristus.

Seiring dengan majunya teknologi informasi, maka kegiatan berkatekese kini dapat kita lakukan melalui berbagai cara melalui media digital (diantaranya melalui website internet). Bentuk katekese yang mungkin bisa kita lakukan dari mulai hal yang terkecil diantaranya melalui layanan perpersanan instan (SMS, WA, Chatting, dan lain-lain) yang berkaitan tentang pengajaran dan informasi mengenai iman katolik.

Dikutip dari imankatolik.or.id, Katekese berasal dari kata catechein (kata Kerja) dan catechesis (kata Benda). Akar katanya adalah kat dan echo. Kat artinya keluar, ke arah luas dan echo artinya gema/gaung. Berarti makna profan dari katekese adalah suatu gema yang diperdengarkan/disampaikan ke arah luas/keluar. Gema dapat terjadi jika ada suara yang penuh dengan keyakinan dan gema tidak pernah berhenti pada satu arah, maka katekese juga harus dilakukan dengan penuh keyakinan dan tidak pernah berhenti pada satu arah.

Katekese dimengerti sebagai pengajaran, pendalaman, dan pendidikan iman agar seorang kristen semakin dewasa dalam iman, jadi katekese biasanya diperuntukan bagi orang-orang yang sudah dibaptis di tengah umat yang sudah kristen. Namun pada prakteknya, terutama pada masa Gereja Purba, katekese dimengerti sebagai pengajaran bagi para calon baptis ini merupakan arti sempit dari katekese. Sedangkan Gereja masa kini menempatkan katekese untuk pengertian yang lebih luas.

Mari kita berkatekese melalui media digital  Smile  agar Kerajaan Allah terdengar sampai ke seluruh penjuru dunia.
Ignasius Ari, Driver ekspedisi lintas kota.
Seorang awam Katolik yang bangga menjadi orang Katolik  Cool
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)