Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Informasi seputar Seminari TORSA Tegal
#1
Pernah mrndengar seminari TORSA?

TORSA merupakan akronim dari Tahun Orientasi Rohani Santo Agustinus. Lalu, apa itu Tahun Orientasi Rohani? Yaitu suatu tahapan dalam pendidikan calon imam/pastor (Gereja Katolik Roma).

TORSA merupakan sebuah Seminari, yaitu tempat pembinaan benih-benih panggilan imamat, milik Keuskupan Purwokerto. Sebelum menjadi imam, seorang frater akan menjalani masa pendidikan (formasi) selama beberapa tahun. Pendidikan dasar (kerohanian) awal dijalankan di Tahun Orientasi Rohani atau disingkat TOR. Secara khusus bagi para calon imam Keuskupan Purwokerto, Seminari TOR berlindung kepada Santo Agustinus.

Sesuai dengan namanya, yaitu sebagai “tahun orientasi”, maka fokus pendidikan selama di seminari TORSA ini adalah kehidupan rohani. Namun yang diberikan selama di TORSA bukan melulu soal hidup rohani. Hal ini sesuai dengan yang dinyatakan oleh Bapa uskup emeritus Keuskupan Purwokerto, Mgr. J. Sunarka, “Di sinilah para seminaris mengalami proses penjernihan panggilan, pematangan kepribadian, pembekalan dasar-dasar hidup rohani dan pengenalan akan situasi masyarakat Keuskupan Purwokerto, di samping persiapan belajar lebih lanjut”. Sedangkan pendidikan filsafat-teologi ditempuh di Seminari Tinggi Santo Paulus Keuskupan Agung Semarang atau di tempat lain dengan pertimbangan tertentu.

TORSA sebagai lembaga pendidikan calon imam pada tahap TOR mengarahkan diri pada visi Keuskupan Purwokerto dan visi pendidikan Tahun Orientasi Rohani se-Indonesia. TORSA mendampingi dan mendidik para calon imamnya untuk membangun persekutuan murid-murid Yesus Kristus yang berusaha membangun dasar hidup rohani yang mantab dan mencintainya, serta bergembira dalam menjalani hidup panggilan sebagai calon imam diosesan Keuskupan Purwokerto yang terpanggil untuk memelopori semakin tegaknya Kerajaan Allah.

Seminaritorsa.org

Yuk mari kita bahas tentang informasi dan kegiatan dari seminari TORSA Tegal ini Big Grin
Ignasius Ari, Driver ekspedisi lintas kota.
Seorang awam Katolik yang bangga menjadi orang Katolik  Cool
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)