Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ikatan Sarjana Katolik
#1
Di thread seberang ada PMKRI , ini kita membahas ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Indonesia.

Smile

ISKA merupakan oraganisasi Sarjana Katolik Indonesia dan member of Pax Romana ICMICA yang memiliki perwakilan di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Sejarah ISKA.

ISKA dibentuk pada 22 Mei 1958 di Jakarta, dengan nama Ikatan Katolik Sarjana dan Cendekiawan (IKS). Nama Katolik Sarjana bukan Sarjana Katolik dimaksudkan agar organisasi ini dapat pula menampung para sarjana dan cendekiawan bukan katolik, yang menyetujui asas-asas katolik. Pemrakarsa terbentuknya IKS adalah Pengurus Pusat PMKRI bersama dengan Ikatan Muda Katolik Indonesia (IMKI). IKS pertama dideklarasikan di Jakarta dan bersifat lokal.

IKS secara resmi membuat jaringan dengan organisasi sarjana dan cendekiawan yang juga bermunculan di berbagai daerah. Misalnya di Bogor, Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Makassar. Selain itu IKS juga menjadi anggota International of Catolic Movement for Intelectual and Cultural Afairs, (ICMIKA), yang merupakan wadah dari organisasi sarjana dan cendekiawan Katolik di seluruh dunia. ICMIKA adalah anggota PAX ROMANA, salah satu lembaga non pemerintah, yang punya perwakilan di PBB. Dari jaringan global inilah tahun 1964 timbul gagasan untuk menyatukan berbagai organisasi sarjana/cendekiawan katolik nasional, melalui sebuah Musyawarah Nasional (Munas).

Nama Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) baru mulai digunakan setelah Munas IKS di Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 03 sampai 05 September 1964.

Sebelumnya, Munas akan diselenggarakan di Bandung (Jawa Barat), tetapi kemudian dipindahkan ke Bandungan (Jawa Tengah). Sejak itulah organisasi para sarjana dan cendekiawan ini bernama ISKA, bersifat nasional, dengan bentuk federasi. Dalam Munas ini pula disusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta program kerja ISKA. Salah satu program kerja ISKA yang disusun pada waktu Munas 1964 adalah, aktif merintis berdirinya cabang Universitas Katolik Atma Jaya. Cabang-cabang ISKA juga mulai terbentuk di Kupang, Manado, Pontianak, Kediri, Flores, Pekalongan, Banyuwangi dan Medan.

Munas ISKA di Bandungan ini merupakan Munas ISKA pertama dan sekaligus yang terakhir. Sebab untuk selanjutnya, sesuai dengan AD/ART, Munas ISKA disebut sebagai Musyawarah Umum Warga (MUW).

www.iska.or.id
Reply
#2
Informasi dari ISKA cabang Sanggau, Kalimantan Barat.

KABUPATEN SANGGAU, SuaraBorneo – Musyawarah Cabang Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Indonesia yang dilaksanakan di lantai 2 gedung DPRD Kabupaten Sanggau salah satunya memilih struktur kepengurusan yang baru ISKA Kabupaten Sanggau periode 2019-2022 mengingat struktur yang lama akan berakhir.

Pemilihan kepengurusan periode 2019-2022 dipilih secara demokratis suara terbanyak yang menjadi pemenang dan Susana Herpena mendapatkan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai Ketua terpilih periode 2019-2022.

Sedangkan untuk Sekretaris Antonius M dan Bendahara L Yoka.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang sudah diberikan kepada saya untuk memimpin ISKA Indonesia kabupaten sanggau periode 2019-2022,” ungkap Susana Herpena Ketua Terpilih.

“Saya Juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua undangan terutama kepada Bupati Sanggau Paolus Hadi, Vikjen Keuskupan Sanggau Pastor Richardus Riadi dan Pastor Petrus Sumardi serta Ketua DPD ISKA Provinsi Kalimantan Barat Adrianus Asia Sidot yang diwakilkan oleh Wakil Ketua DPD ISKA Provinsi Kalimantan Barat Agustinus Clarus untuk mengikuti kegiatan Muscab Ke-II dikabupaten sanggau,” tambahnya.

“Semoga untuk kedepannya ISKA Kabupaten Sanggau bisa menjadi Lebih baik dan lebih dewas agar bisa meimplementasikan Sanggau Maju dan Terdepan,” tutupnya.

Suaraborneo.com
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)