Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Paus Fransiskus : Berhentilah Bergosip
#1
Paus Fransiskus mengingatkan kepada seluruh umat Katolik agar tidak menghakimi orang lain tanpa terlebih dahulu menilai kekurangan sendiri.

Bapa Paus mendorong umat Katolik untuk berhenti bergosip dan membicarakan kekurangan orang lain. Sebagai gantinya, Paus Fransiskus menyarankan kita agar sebaiknya fokus merenungkan kesalahan yang ada dalam diri kita sendiri.

Berikut ada sejumlah pesan penting yang disampaikan Paus Fransiskus tentang hal bergosip :

“Tuhan ingin mengajari kita untuk tidak mengkritik orang lain, tidak melihat kekurangan orang lain. Lihatlah dulu dirimu sendiri dan kesalahanmu”.

“Jika kamu tidak menyadari kesalahan dan kekuranganmu di dunia ini, maka kamu akan menemukannya di Api Penyucian! Lebih baik menyadarinya di sini. ”

“Kita sangat spesialis dalam menemukan hal-hal buruk dari diri orang lain, tanpa melihat kesalahan kita sendiri.”

“Tindakan bergosip akan menabur perselisihan, menabur permusuhan, menabur kejahatan.”

“Yesus berkata: ‘Sebelum berbicara buruk tentang orang lain, ambil cermin dan perhatikan dirimu sendiri; lihat kesalahanmu dan seharusnya malu karena memilikinya.’”

Pesan untuk refleksi diri

Bapa Paus juga menyarankan kita untuk berefleksi sambil  bertanya pada diri kita sendiri, bagaimana kita memperlakukan orang lain?

“Bagaimana saya bersikap dengan orang-orang? Bagaimana hatiku di depan orang? Apakah saya munafik? Apakah ketika di depan mereka saya tersenyum tapi ketika di belakang mereka saya mengkritik dan menghancurkan dengan lidah saya?.”

“Jika umat Katolik mencapai Hari Paskah dengan sikap kurang mengkritik orang lain, lebih sedikit bergosip, maka kebangkitan Yesus akan terlihat lebih indah dan lebih besar di antara kita.”

Saran untuk mengurangi kebiasaan bergosip

Memperhatikan kesulitan yang biasa ditimbulkan oleh kebiasaan seperti itu, Paus memberikan saran untuk berdoa sebagai salah satu cara terbaik, terutama untuk mereka yang suka tergoda untuk mengkritik keburukan sesamanya.

“Mintalah Tuhan untuk mengatasi masalahmu. Mintalah Dia untuk  membantu menutup mulutmu dari kebiasaan bergosip. Ingatlah bahwa tanpa doa, kita tidak dapat melakukan apa pun.”

“Ini tidak berarti, bahwa kita hanya diam ketika orang lain melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan atau yang tidak kita sukai. Tapi kita harus berani untuk berbicara langsung dengan orang itu, jangan membicarakannya di belakang mereka.”

“Memang, gosip tidak menyelesaikan apa pun. Itu membuat segalanya lebih buruk …”

Di akhir pesannya, Paus asal Argentina itu menekankan sekali lagi kepada seluruh umat Katolik untuk jangan pernah berhenti berdoa kepada Tuhan.

”Dan berdoalah kepada Tuhan, berdoalah agar dia memberi kita rahmat untuk tidak berbicara buruk tentang orang lain.”

Sumber : catholicnewsagency.com ; katolikpedia.id
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)